Kamis, 05 Juli 2012

RPP Keanekaragaman Hayati


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Kendal
Materi Pelajaran          : Biologi
Kelas/semester            : X/2
Standar Kompetensi   : Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan perananya bagi kehidupan
Indikator                     : Mengidentifikasi, membedakan dan mengkomunikasikan    ciri-ciri mamalia
Alokasi Waktu            : 1x20 menit

I.         Tujuan Pembelajaran  :
Peserta didik dapat mengidentifikasi, membedakan dan mengkomunikasikan    ciri-ciri mamalia.
II.      Bahan Mengajar/Materi
Kelas Mammalia
Tubuh Mammalia terbagi atas kepala (kaput), leher (serviks), badan (trunkus), dan ekor (kauda). Badan tertutup rambut. Antara rongga dada (cavum abdominis) terdapat diafragma. Diafragma dilalui oleh aorta, pembuluh darah, saraf, dan kerongkongan. Dinding rongga dada dilapisi oleh pleura, dinding rongga perut oleh peritonium, dan dinding rongga jantung oleh pericardium. Mempunyai kelenjar air susu (glandula mammae) dan putting susu ( tempat bermuaranya sluran-saluran glandula mammae). Kulit memiliki kelenjar minyak untuk meminyaki rambut dan kelenjar keringat. Memiliki gigi dan tipe gigi seri (incicivus), taring (caninus), geraham depan premolar, dan gigi geraham molar. Bentuk gigi sesuai dengan jenis makanannya, ada yang berlapis email, ada yang tidak, pada hewan pemakan tumbuhan, misalnya marmot, terdapat diastema. Diastema adalah celah tanpa gigi antara gigi seri dengan geraham depan, karena tidak memiliki taring.
Mamalia ada yang hidup didarat, di air atau di pohon-pohon. Pada umumnya vivipar, jumlah anak setiap kali melahirkan satu ekor; ada pula yang tiga sampai delapan ekor. Perkembangan embrio didalam rahim merupakan cirri khas mammalia. Ada beberapa jenis Mammalia yang mempunyai misai atau kumis ( rambut – rambut kaku di atas bibir ).
Klasifikasi Mammalia   
                        Mammalia meliputi banyak sekali ordo antara lain sebagai berikut.
1.      Monotremata (Mammalia berparuh dan berkloaka)
Pemakan invertebrata yang hidup di air. Hewan ini berparuh, bertelur, mengeram, tubuh berambut, tidak mempunyai daun telinga. Gigi hanya ada sebelum dewasa





III.   Strategi  Pembelajaran  :
A.    Metode                       : Diskusi, ceramah dan Tanya jawab
B.     Model Pembelajaran  : Example no example
IV.   Kegiatan pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing
·         Guru mengabsensi peserta didik
·         Apersepsi   :  Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pendahuluan
·         Motivasi     :
·         Guru menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran model picture and picture dengan media gambar acak
·         Guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok dengan cara membuat 4 nama contoh pencemar lingkungan yang berbeda ( limbah, mesin, deterjen, asap )  pada lintingan kertas.
Kegiatan Inti (12 menit)
Eksplorasi
·         Guru membagikan media gambar racak kepada masing-masing kelompok
·         Guru meminta setiap kelompok untuk menyusun gambar acak tersebut menjadi gambar yang bermakna dalam waktu 1 menit
Elaborasi
·         Guru memberi waktu 5 menit kepada peserta didik dengan anggota kelompoknya mendiskusikan gambar yang selesai disusun tersebut dan menjawab pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa
·         Guru meminta perwakilan anggota kelompok yang paling cepat menyusun gambar untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas
·         Guru meminta peserta didik dari kelompok lain untuk memberi tanggapan atau pendapat lain
·         Guru kembali meminta kelompok yang baru saja presentasi untuk menunjuk kelompok lain untuk mempresentasikan
·         Guru meminta peserta didik dari kelompok lain untuk memberi tanggapan atau pendapat lain
Konfirmasi
·         Guru memberi penguatan kepada peserta didik atas jawaban pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja siswa
·         Guru meminta peserta didik dengan anggota kelompoknya untuk mengecek jawaban pertanyaannya masing - masing
Kegiatan Penutup (3 menit)
·         Guru bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan pelajaran materi jenis pencemaran lingkungan
·         Guru mengumpulkan lembar kerja siswa dan gambar
·         Guru menayangkan gambar-gambar kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan pada slide power point
·         Guru memberikan pertanyaan evaluasi untuk tugas individu kepada peserta didik “ Menurut kalian apakah penggunaan pestisida merupakan bentuk pencemaran lingkungan? ”
·         Guru menyampaikan materi (rencana pembelajaran) pada pertemuan berikutnya yaitu penanggulangan limbah dan upaya pelestarian lingkungan.
·         Guru memberikan penguatan dalam bentuk hadiah kepada kelompok peserta didik yang berhasil menyusun gambar paling cepat tadi
·         Guru menutup pelajaran dengan salam
V.      Alat/Bahan/Media/Sumber belajar
Ø  Buku paket Biologi SMA kelas X semester 2 penerbit Erlangga
Ø  Buku paket biologi SMA kelas X semester 2 dari penerbit lain
Ø  LKS
Ø  Gambar acak
Ø  Gambar pencemaran suara
Ø  Gambar kegiatan manusia penyebeb pencemaram lingkungan
Ø  Power point
VI.   Penilaian
Teknik                  : Tes tertulis
Bentuk Instrumen            : Tes Isian dan Tes Uraian
Contoh Instrumen
Mengapa pencemaran air dapat mengurangi kadar oksigen dalam air? jelaskan!
Jawaban dan skor
1.      Deskripsikan gambar no 1. Gambar pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 1? Jelaskan beserta penyebabnya!
Jawaban:
Gambar yang ditunjukkan pada nomor 1 termasuk jenis pencemaran air. Kegiatan manusia yang kurang beretika dalam membuang sampah menyebabkan air sungai menjadi keruh dan kotor. Limbah pabrik yang tidak dibuang dengan prosedur yang benar menyebabkan sungai juga tercemar.
Skor : 3
2.      Mengapa pencemaran air dapat mengurangi kadar oksigen dalam air?
Bahan organik yang terbuang disungai, penguraiannya memerlukan kadar oksigen yang tinggi disamping itu bila penguraiannya tidak sempurna mengakibatkan warna sungai menjadi keruh dan kotor, berbau tidak enak. Keadaan ini akan menyebabkan ganggang, enceng gondok, dan tumbuhan air lainnya tumbuh dengan cepat. Bila tumbuhan mati akan mengalami pembusukkan. Dalam pembusukkan menghabiskan kadar oksigen di perairan.
Skor : 7

                                                                      Semarang, 17 November 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Biologi


Silvia Wulandari, M. Pd                                Rahayu Endah N, S.Pd
NIP. 09320219                                              NIP. 09320211

Explosion 2: LEMBAR KERJA SISWA 




Nama kelompok          : ...............................................
Anggota kelompok     :
1.   ..........................................
2.   ..........................................
3.   ..........................................
4.   ..........................................
5.   ..........................................
6.   ..........................................

Pertanyaan :
1.      Deskripsikan gambar no 1. Gambar jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 1? Jelaskan beserta penyebabnya!
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Mengapa pencemaran air dapat mengurangi kadar oksigen dalam air?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................





®®®®®®®®®®®®GOOG LUCK®®®®®®®®®®
Explosion 2: LEMBAR KERJA SISWA 




Nama kelompok          : ...............................................
Anggota kelompok     :
1.   ..........................................
2.   ..........................................
3.   ..........................................
4.   ..........................................
5.   ..........................................
6.   ..........................................

Pertanyaan :
1.     Deskripsikan gambar no 2. Gambar jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 2? Jelaskan beserta penyebabnya!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.     Bagaimana usaha yang dapat dilakukan dalam mencegah meluasnya pencemaran limbah baik organik maupun anorganik?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




®®®®®®®®®®®®GOOG LUCK®®®®®®®®®®
Explosion 2: LEMBAR KERJA SISWA 




Nama kelompok          : ...............................................
Anggota kelompok     :
1.   ..........................................
2.   ..........................................
3.   ..........................................
4.   ..........................................
5.   ..........................................
6.   ..........................................

Pertanyaan :

1.      Deskripsikan gambar no 3. Gambar jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 3? Jelaskan beserta penyebabnya!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Menurut kalian baikkah penggunaan pendingin ruangan atau AC untuk kehidupan sehari-hari?
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




®®®®®®®®®®®®GOOG LUCK®®®®®®®®®®
Explosion 2: LEMBAR KERJA SISWA 




Nama kelompok          : ...............................................
Anggota kelompok     :
1.     ..........................................
2.   ..........................................
3.   ..........................................
4.   ..........................................
5.   ..........................................
6.   ..........................................

Pertanyaan :

1.     Deskripsikan gambar no 4. Gambar jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 4? Jelaskan beserta penyebabnya!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.     Menurut kalian apakan pemukiman penduduk yang terletak dipinggir rel kereta api baik untuk kesehatan? Jelaskan!
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




®®®®®®®®®®®®GOOG LUCK®®®®®®®®®®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar