RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Kendal
Materi Pelajaran : Biologi
Kelas/semester : X/2
Standar Kompetensi : Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan ciri-ciri
Filum dalam Dunia Hewan dan perananya bagi kehidupan
Indikator : Mengidentifikasi, membedakan dan
mengkomunikasikan ciri-ciri mamalia
Alokasi
Waktu : 1x20 menit
I.
Tujuan
Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengidentifikasi, membedakan dan
mengkomunikasikan ciri-ciri mamalia.
II.
Bahan
Mengajar/Materi
Kelas Mammalia
Tubuh Mammalia terbagi atas kepala (kaput), leher
(serviks), badan (trunkus), dan ekor (kauda). Badan tertutup rambut. Antara
rongga dada (cavum abdominis) terdapat diafragma. Diafragma dilalui oleh aorta,
pembuluh darah, saraf, dan kerongkongan. Dinding rongga dada dilapisi oleh
pleura, dinding rongga perut oleh peritonium, dan dinding rongga jantung oleh
pericardium. Mempunyai kelenjar air susu (glandula mammae) dan putting susu (
tempat bermuaranya sluran-saluran glandula mammae). Kulit memiliki kelenjar
minyak untuk meminyaki rambut dan kelenjar keringat. Memiliki gigi dan tipe
gigi seri (incicivus), taring (caninus), geraham depan premolar, dan
gigi geraham molar. Bentuk gigi
sesuai dengan jenis makanannya, ada yang berlapis email, ada yang tidak, pada
hewan pemakan tumbuhan, misalnya marmot, terdapat diastema. Diastema adalah
celah tanpa gigi antara gigi seri dengan geraham depan, karena tidak memiliki
taring.
Mamalia ada yang hidup didarat, di air atau di pohon-pohon.
Pada umumnya vivipar, jumlah anak setiap kali melahirkan satu ekor; ada pula
yang tiga sampai delapan ekor. Perkembangan embrio didalam rahim merupakan
cirri khas mammalia. Ada beberapa jenis Mammalia yang mempunyai misai atau
kumis ( rambut – rambut kaku di atas bibir ).
Klasifikasi Mammalia
Mammalia meliputi banyak sekali ordo antara lain
sebagai berikut.
1.
Monotremata
(Mammalia berparuh dan berkloaka)
Pemakan invertebrata yang hidup di air. Hewan ini
berparuh, bertelur, mengeram, tubuh berambut, tidak mempunyai daun telinga.
Gigi hanya ada sebelum dewasa
III.
Strategi Pembelajaran :
A. Metode : Diskusi, ceramah dan
Tanya jawab
B. Model
Pembelajaran : Example no example
IV.
Kegiatan
pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
·
Guru membuka pelajaran dengan salam dan
berdoa sesuai dengan agamanya masing-masing
·
Guru mengabsensi peserta didik
·
Apersepsi : Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan
pendahuluan
·
Motivasi :
·
Guru menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pembelajaran model picture and picture dengan media gambar acak
·
Guru membagi peserta didik
menjadi 4 kelompok dengan cara membuat 4 nama contoh pencemar lingkungan yang
berbeda ( limbah, mesin, deterjen, asap )
pada lintingan kertas.
Kegiatan Inti (12 menit)
Eksplorasi
·
Guru membagikan media gambar
racak kepada masing-masing kelompok
·
Guru meminta setiap kelompok
untuk menyusun gambar acak tersebut menjadi gambar yang bermakna dalam waktu 1
menit
Elaborasi
·
Guru memberi waktu 5 menit
kepada peserta didik dengan anggota kelompoknya mendiskusikan gambar yang selesai
disusun tersebut dan menjawab pertanyaan yang ada di lembar kerja siswa
·
Guru meminta perwakilan
anggota kelompok yang paling cepat menyusun gambar untuk membacakan hasil
diskusi di depan kelas
·
Guru meminta peserta didik
dari kelompok lain untuk memberi tanggapan atau pendapat lain
·
Guru kembali meminta kelompok
yang baru saja presentasi untuk menunjuk kelompok lain untuk mempresentasikan
·
Guru meminta peserta didik
dari kelompok lain untuk memberi tanggapan atau pendapat lain
Konfirmasi
·
Guru memberi penguatan kepada
peserta didik atas jawaban pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja siswa
·
Guru meminta peserta didik
dengan anggota kelompoknya untuk mengecek jawaban pertanyaannya masing - masing
Kegiatan Penutup (3
menit)
·
Guru bersama-sama peserta
didik membuat kesimpulan pelajaran materi jenis pencemaran lingkungan
·
Guru mengumpulkan lembar kerja
siswa dan gambar
·
Guru menayangkan gambar-gambar
kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan pada slide power point
·
Guru memberikan pertanyaan
evaluasi untuk tugas individu kepada peserta didik “ Menurut kalian apakah
penggunaan pestisida merupakan bentuk pencemaran lingkungan? ”
·
Guru menyampaikan materi
(rencana pembelajaran) pada pertemuan berikutnya yaitu penanggulangan limbah
dan upaya pelestarian lingkungan.
·
Guru memberikan penguatan
dalam bentuk hadiah kepada kelompok peserta didik yang berhasil menyusun gambar
paling cepat tadi
·
Guru menutup pelajaran dengan
salam
V.
Alat/Bahan/Media/Sumber belajar
Ø Buku paket Biologi SMA kelas X semester 2 penerbit Erlangga
Ø Buku paket biologi SMA kelas X semester 2 dari penerbit lain
Ø LKS
Ø Gambar acak
Ø Gambar pencemaran suara
Ø Gambar kegiatan manusia penyebeb pencemaram lingkungan
Ø Power point
VI.
Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk Instrumen : Tes Isian dan Tes Uraian
Contoh Instrumen
Mengapa pencemaran air
dapat mengurangi kadar oksigen dalam air? jelaskan!
Jawaban dan skor
1.
Deskripsikan gambar no 1.
Gambar pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 1? Jelaskan beserta
penyebabnya!
Jawaban:
Gambar yang ditunjukkan
pada nomor 1 termasuk jenis pencemaran air. Kegiatan manusia yang kurang
beretika dalam membuang sampah menyebabkan air sungai menjadi keruh dan kotor.
Limbah pabrik yang tidak dibuang dengan prosedur yang benar menyebabkan sungai
juga tercemar.
Skor : 3
2.
Mengapa pencemaran air dapat
mengurangi kadar oksigen dalam air?
Bahan organik yang
terbuang disungai, penguraiannya memerlukan kadar oksigen yang tinggi disamping
itu bila penguraiannya tidak sempurna mengakibatkan warna sungai menjadi keruh
dan kotor, berbau tidak enak. Keadaan ini akan menyebabkan ganggang, enceng
gondok, dan tumbuhan air lainnya tumbuh dengan cepat. Bila tumbuhan mati akan
mengalami pembusukkan. Dalam pembusukkan menghabiskan kadar oksigen di
perairan.
Skor : 7
Semarang, 17 November 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Biologi
Silvia
Wulandari, M. Pd Rahayu Endah N, S.Pd
NIP. 09320219 NIP.
09320211
Nama
kelompok :
...............................................
Anggota
kelompok :
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. ..........................................
6. ..........................................
Pertanyaan :
1. Deskripsikan gambar no 1. Gambar jenis pencemaran apakah yang
ditunjukkan pada nomor 1? Jelaskan beserta penyebabnya!
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Mengapa pencemaran air dapat mengurangi kadar oksigen dalam air?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
®®®®®®®®®®®®GOOG
LUCK®®®®®®®®®®
Nama
kelompok :
...............................................
Anggota
kelompok :
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. ..........................................
6. ..........................................
Pertanyaan :
1.
Deskripsikan gambar no 2.
Gambar jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 2? Jelaskan beserta
penyebabnya!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Bagaimana usaha yang dapat dilakukan dalam mencegah meluasnya
pencemaran limbah baik organik maupun anorganik?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
®®®®®®®®®®®®GOOG
LUCK®®®®®®®®®®
Nama
kelompok :
...............................................
Anggota
kelompok :
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. ..........................................
6. ..........................................
Pertanyaan :
1.
Deskripsikan gambar no 3. Gambar
jenis pencemaran apakah yang ditunjukkan pada nomor 3? Jelaskan beserta
penyebabnya!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Menurut kalian baikkah
penggunaan pendingin ruangan atau AC untuk kehidupan sehari-hari?
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
®®®®®®®®®®®®GOOG
LUCK®®®®®®®®®®
Nama
kelompok :
...............................................
Anggota
kelompok :
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. ..........................................
6. ..........................................
Pertanyaan :
1. Deskripsikan gambar no 4. Gambar jenis pencemaran apakah yang
ditunjukkan pada nomor 4? Jelaskan beserta penyebabnya!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Menurut kalian apakan pemukiman penduduk yang terletak dipinggir rel
kereta api baik untuk kesehatan? Jelaskan!
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
®®®®®®®®®®®®GOOG
LUCK®®®®®®®®®®
Tidak ada komentar:
Posting Komentar