Rabu, 04 Juli 2012

RPP VIRUS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMA Setiabudhi Semarang
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X / Gasal
Pertemuan ke              : 1 dan 2
Aloksi Waktu             : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran           : 2011 /2012

Standar Kompetensi 2 :
Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup

Kompetensi Dasar 2.1 :
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

Indikator        :
·       Menjelaskan sejarah penemuan virus
·       Menentukan ciri-ciri dan sifat virus
·       Menentukan struktur virus berdasarkan gambar
·       Menentukan bentuk-bentuk virus
·       Mengemukakan tahapan-tahapan replikasi virus
·       Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa mampu menjelaskan sejarah penemuan virus
2.     Siswa mampu menentukan ciri-ciri dan sifat virus
3.     Siswa mampu menentukan struktur virus berdasarkan gambar
4.     Siswa mampu menentukan bentuk-bentuk virus
5.     Siswa mampu mengemukakan tahapan-tahapan replikasi virus
6.     Siswa mampu mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan
7.     Siswa mampu menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan

v  Karakter yang di harapkan :
·          Religius
·          Disiplin
·          Teliti
·          Tanggung jawab
·          Kerja sama
·          Tanggap

1.      MATERI POKOK
1.    Pengertian virus
2.    Ciri-ciri virus
3.    Struktur dan anatomi virus
4.    Replikasi virus

Pertemuan Pertama
Alokasi waktu        : 2 x 45 menit
A.    Indikator :
·       Menjelaskan sejarah penemuan virus.
·       Menentukan cirri-ciri dan sifat virus.
·       Menentukan struktur virus berdasarkan gambar.
B.     Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa mampu menjelaskan sejarah penemuan virus.
2.      Siswa mampu menentukan cirri-ciri dan sifat virus.
3.      Siswa mampu menentukan struktur virus berdasarkan gambar.
C.    Strategi Pembelajaran :
Pendekatan          : Pembelajaran Konsep
Metode                 : Tanya jawab,diskusi dan penugasan.
Model                   : Kooperatif Learning (STAD)

D.    Kegiatan Pembelajaran :
I.       Kegiatan awal (10 menit)
Guru mengucapkan salam dan dijawab oleh siswa.
Guru membacakan presensi siswa
·          Orientasi :
Guru mengingatkan kembali pada pertemuan sebelumnya.
·          Apersepsi :
Guru bertanya kepada siswa ,”Pernahkah kalian mengalami flu? Tahukah kalian apa penyebabnya? ”
·          Motivasi :
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari karakteristik virus. Dengan mempelajarinya kita akan mengetahui bagaimana bentuk virus yang  menginfeksi tubuh kita.
·          Acuan :
Guru menyampaikan KD dan indikator yang ingin dicapai.
II.    Kegiatan Inti (45 menit)
·      Eksplorasi
-     Guru memfasilitasi siswa dengan materi pendahuluan sebagai acuan siswa dalam memahami materi virus
-     Guru memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung pembelajaran
-     Guru membimbing siswa dalam pembuatan kelompok yang beranggotakan 4 siswa.
-     Guru memfasilitasi lembar kerja siswa pada tiap kelompok
-     Guru memfasilitasi papan point berisi angka nol, dimana tiap kelompok meimliki point awal yang sama sebagai point awal tiap kelompok


·      Elaborasi
-     Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
-     Siswa menganalisis tentang tokoh penemu virus, ciri-ciri, struktur, bentuk dan sifat dari virus.
-     Siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas dengan menempelkan nama bagian strutur virus pada gambar yang telah disediakan guru dan menjabarkan hasil diskusinya.
-     Kelompok lain menanggapi hasil diskusi yang dipresentasikan
-     Guru memfasilitasi jalannya diskusi untuk meningkatkan prestasi siswa
-     Siswa yang aktif dalam diskusi memperoleh point tambahan
·      Konfirmasi
-     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap diskusi dan pembelajaran yang sudah dilakukan
-     Guru memfasilitasi siswa dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan dengan menggunkan bahasa yang baku dan benar
-     Guru memfasilitasi reward berupa point. Point yang diperoleh siswa ditambahkan pada skor kelompok, dijumlahkan dengan point awal.
-     Guru memberikan reward kepada kelompok yang berhasil mendapat point tertinggi
III. Kegiatan akhir (5 menit)
-     Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan materi tentang tokoh penemu virus, ciri-ciri virus, struktur tubuh virus dan bentuk virus
-     Guru memfasilitasi lembar evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa sebagai bahan evaluasi individu
-     Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu
-     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
-     Guru menutup pelajaran dengan salam

Pertemuan Kedua
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit
A.    Indikator :
·           Mengemukakan tahapan- tahapan replikasi virus.
·           Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan.
B.     Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa mampu mengemukakan tahapan-tahapan replikasi virus
2.      Siswa mampu mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan
3.      Siswa mampu menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan
C.    Strategi Pembelajaran :
Pendekatan                  : Pembelajaran Konsep
Metode                        : Tanya jawab,diskusi, dan penugasan.
Model                          : Numbered Heads Together
D.    Kegiatan Pembelajaran
I.     Kegiatan awal (10 menit)
·      Guru masuk ruang kelas dan mengucap salam
·      Guru mempresensi siswa pada pertemuan hari ini
·      Orientasi : guru mengingatkan kembali pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang bagian-bagian dan macam-macam virus.
·      Apersepsi
Guru memberi pertanyaan kepada siswa, “bagaimana cara unggas bereproduksi? cara mamalia bereproduksi? Bagaimana dengan virus? Bagaimana siklus reproduksi pada virus?”
·      Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari cara replikasi virus yang termasuk merugikan bagi sel inangnya.
II.  Kegiatan Inti (45 menit)
·      Eksplorasi        :
-     Siswa menyajikan tugas yang kemarin dan membahasnya bersama-sama tentang sejarah dan ciri ciri virus
-     Guru memfasilitasi siswa dengan materi pendahuluan sebagai acuan siswa dalam memahami materi replikasi virus dan manfaat serta bahaya dari virus
-     Guru memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung kegiatan pembelajaran
-     Guru membimbing siswa dalam pembuatan kelompok yang beranggotakan 4-5 siswa.
-     Guru memfasilitasi lembar kerja siswa pada tiap kelompok
·      Elaborasi          :
-     Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
-     Siswa menganalisis tentang tahapan replikasi virus dan mengidentifikasi manfaat serta bahaya virus
-     Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
-     Guru memfasilitasi jalannya diskusi untuk meningkatkan prestasi siswa
-     Guru memanggil salah satu nomor siswa dan siswa yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
-     Siswa menempelkan keterangan pada gambar replikasi virus
-     Kelompok lain memberi tanggapan dari hasil diskusi kelompok yang sedang mempresentasikan, lalu guru menunjuk nomor yang lain.
·      Konfirmasi:
-     Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap diskusi dan pembelajaran yang sudah dilakukan
-     Guru memfasilitasi siswa dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan dengan menggunkan bahasa yang baku dan benar
III.         Kegiatan Akhir (5menit)
·      Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan
·      Guru merencanakan kegitan tindak lanjut dengan memberikan memberikan evaluasi kepada siswa berupa analisis video cara virus HIV meninfeksi tubuh manusia.
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya dengan mengadakan ulangan harian
·      Guru menutup pelajaran dengan salam

2.              MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat                       : Spidol, papan tulis.
Sumber                  : Pratiwi, D.A., Sri Maryati dkk. 2004. Buku
  Penuntun Biologi SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
Bahan                    : LKS, Gambar virus, gambar replikasi virus, power
  point, video virus HIV, nomor anggota, papan poin

3.              PENILAIAN
Pertemuan Pertama
·      Jenis instrument             : Tes tertulis dan Tugas individu.
·      Bentuk Instrument         : Uraian
·      Contoh Instrument        :
Bagaimana ciri-ciri dan sifat dari virus? (skor 40 point)
jawaban :

Ø  Bersifat aseluler ( tidak mempunyai sel )
Ø  Ukuran berkisar 20 mɥ - 300 mɥ
Ø  Hanya memiliki salah satu macam asam nuklaet
Ø  Dapat di kristakan
Ø  Tidak dapat membelah diri
Ø  Parasit obligat

A.    Penilaian Kognitif
Tujuan             : Mengukur ketercapaian indikator dalam materi struktur dan ciri virus melalui test formatif yang dilaksanakan pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama               :
Kelas               :
Materi              : Ciri, sifat dan struktur virus

No
Jenis Instrument
Skor
1.
Lembar Evaluasi
0-100
2.
Lembar Kerja Siswa
0-100
3.
Tugas Individu
0-100



B.     Penilaian Psikomotor
Nama Sekolah       : SMA Setiabudhi Semarang
Mata Pelajaran      : Biologi
Kelas/Semester      : X/1
Nama Peserta didik :        



KEGIATAN
ATRIBUT
Pernyataan
SKOR

3
2
1

Diskusi



Berani
Mampu mengungkapkan pendapat dengan tegas dan tepat




Komunikasi Efektif
Pendapat mudah dipahami




Pendapat/ pertanyaan runtut dan sistematis




Berpikir kritis
Mampu bertanya/ menjawab kearah penyelesaian permasalahan






Rubrik penilaian psikomotor
a.       Berani :
skor 3     : Mampu mengungkapkan pendapat dengan tegas dan tepat
skor 2     : Mampu mengungkapkan pendapat dengan berbelit-belit dan tepat
skor 1     : Mampu mengungkapkan pendapat dengan berbelit-belit dan tidak
  tepat
b.      Komunikasi       :
skor 3     : jika pendapat atau pertanyaan mudah dipahami, runtut serta
  sistematis
skor 2     : jika pendapat atau pertanyaan mudah dipahami,  tetapi tidak
  runtut serta sistematis
skor 1     : jika pendapat atau pertanyaan sulit dipahami, tidak runtut serta
  tidak sistematis
c.       Berpikir Kritis    :
skor 3     : Jika mampu bertanya/ menjawab kearah penyelesaian
  permasalahan/tema
skor 2     : jika mampu bertanya/ menjawab tetapi sedikit jelas menuju arah
  permasalahan
skor 1     : jika pertanyaan/jawaban tidak fokus dalam tema/pemasalahan

Skor Butir =  X 100 %

C.    Penilaian Afektif

Tujuan             :Mengukur sikap siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama               :
Kelas               :
Materi              : Virus

Sikap dan Nilai
Check list
Skor
Ya
Tidak
1.      Memperhatikan penjelasan guru.



2.      Memperhatikan media pembelajaran.



3.      Serius dalam mengikuti pembelajaran.



4.      Menghargai pendapat siswa lain



5.      Mampu berpikir kritis






Petunjuk:
Berilah tanda (√) jika aspek yang telah ditentukan, dilakukan oleh siswa, dan beri tanda (X) jika aspek tidak dilakukan oleh siswa. Setiap aspek yang dilakukan diberi skor 1 dan jika tidak dilakukan diberi skor 0.

Pertemuan Kedua
Penilaian Psikomotor  :  Ketrampilan dan keaktifan siswa
Penilaian kognitif         :  Penilaian hasil belajar
1.      Instrumen  penilaian Psikomotorik
No
Kegiatan siswa
Skor
4
3
2
1
1.
Menempelkan potongan gambar dan mempresentasikan hasil diskusi didepan dan jawaban benar
4



2.
Menempelkan potongan gambar dan mempresentasikan hasil diskusi didepan dan jawaban kurang tepat

3


3.
Mendiskusikan tahapan replikasi virus dengan teman sekelompoknya


2

4.
Hanya ikut-ikutan saja dengan teman sekelompoknya



1

Nilai       =          Jumlah Skor yang di peroleh
                                                     X 100%
                                              Skor Maksimal

2.      Instrumen Penilaian kognitif
No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.


2.


3.

4.




5.
Mendiskripsikan  tahapan siklus litik pada replikasi virus
Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan Menyebutkan fungsi kapsid
Menyebutkan penyakit serta virus yang menyebabkan  penyakit tersebut pada tumbuhan
Mendiskripsikan  tahapan siklus litik pada replikasi virus

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis
Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian


Uraian


Uraian

Uraian




Uraian
1.      Sebutkan tahapan-tahapan siklus litik pada  replikasi virus! Jelaskan!
2.      Sebutkan jenis virus yang merugikan bagi manusia!

3.      Apakah fungsi dari kapsid?

4.     Sebutkan 3 penyakit serta virus yang menyebabkan pada tumbuhan!


5.      Sebutkan tahapan-tahapan siklus lisogenik pada  replikasi virus! Jelaskan!


Kunci Jawaban
No.
Jawaban
Skor
1.












2.



3.

4.



5.




    a          tahap adsorbsi, ditandai dengan melekatnya eor virus pad bakteri dan menghancurkan dinding sel dengan enzim lizozim.
    b          tahap injeksi, virus memasukkan asam nukleat ke dalam sel bakteri
    c          tahap sintesis, DNA virus akan mempengaruhi Dna bakteri untuk mereplikasi bagian-bagian virus.
    d          tahap perakitan, bagian-bagian virus yang telah terbentuk akan dirakit menjadi virus yang sempurna.
    e          tahap litik, pecahnya dinding sel bakteri yang menyebabkan virus berhamburan ke luar.
Virus yang merugikan bagi manusia:
a.       virus influenza
b.      virus HIV
c.       virus H5N1 (flu burung)
 Fungsi kapsid yaitu melindungi bagian didalamnya.
-          TMV menyebabkan bercak kuning pada daun tembakau
-          BMV menyerang tanaman buncis
-          SCMV menyerang tebu
Tahapan dari siklus ini hampir sama dengan siklus litik, perbedaannya yaitu sel inangnya tidak hancur tetapi disisipi oleh asam nukleat dari virus. Tahap penyisipan tersebut kemudian membentuk provirus.
Siklus lisogenik secara umum mempunyai tiga tahap, yaitu adsorpsi dan penetrasi, penyisipan gen virus dan pembelahan sel inang.

25












20



10

20



25
Jumlah Skor
100


Semarang, 30 April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah


Eny Hartadiyanti W.H

Guru Mata Pelajaran


Rahayu Endah Nurani




Tidak ada komentar:

Posting Komentar