RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA Setiabudhi Semarang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / Gasal
Pertemuan ke :
1 dan 2
Aloksi Waktu :
4 x 45 menit
Tahun Ajaran : 2011 /2012
Standar Kompetensi 2 :
Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar 2.1 :
Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus
dalam kehidupan
Indikator :
· Menjelaskan sejarah penemuan
virus
· Menentukan ciri-ciri dan sifat
virus
· Menentukan struktur virus berdasarkan
gambar
· Menentukan bentuk-bentuk virus
· Mengemukakan tahapan-tahapan
replikasi virus
· Mengidentifikasi virus yang
berbahaya dan merugikan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menjelaskan sejarah
penemuan virus
2. Siswa mampu menentukan ciri-ciri
dan sifat virus
3. Siswa mampu menentukan struktur
virus berdasarkan gambar
4. Siswa mampu menentukan
bentuk-bentuk virus
5. Siswa mampu mengemukakan
tahapan-tahapan replikasi virus
6. Siswa mampu mengidentifikasi
virus yang berbahaya dan merugikan
7. Siswa mampu menjelaskan peran
virus yang menguntungkan dan merugikan
v
Karakter yang di harapkan :
·
Religius
·
Disiplin
·
Teliti
·
Tanggung
jawab
·
Kerja
sama
·
Tanggap
1.
MATERI POKOK
1.
Pengertian virus
2.
Ciri-ciri virus
3.
Struktur dan anatomi virus
4.
Replikasi
virus
Pertemuan Pertama
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
A. Indikator
:
· Menjelaskan
sejarah penemuan virus.
· Menentukan
cirri-ciri dan sifat virus.
· Menentukan
struktur virus berdasarkan gambar.
B. Tujuan
Pembelajaran :
1. Siswa mampu menjelaskan
sejarah penemuan virus.
2. Siswa mampu menentukan
cirri-ciri dan sifat virus.
3. Siswa mampu menentukan
struktur virus berdasarkan gambar.
C.
Strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Pembelajaran Konsep
Metode : Tanya jawab,diskusi dan penugasan.
Model : Kooperatif
Learning (STAD)
D.
Kegiatan
Pembelajaran :
I. Kegiatan
awal (10 menit)
Guru mengucapkan
salam dan dijawab oleh siswa.
Guru
membacakan presensi siswa
·
Orientasi :
Guru
mengingatkan kembali pada pertemuan sebelumnya.
·
Apersepsi :
Guru bertanya kepada
siswa ,”Pernahkah kalian
mengalami flu?
Tahukah kalian apa penyebabnya? ”
·
Motivasi :
Guru
memberikan gambaran manfaat mempelajari karakteristik virus. Dengan
mempelajarinya kita akan mengetahui bagaimana bentuk virus yang menginfeksi tubuh kita.
·
Acuan :
Guru menyampaikan KD dan
indikator yang ingin dicapai.
II. Kegiatan Inti (45 menit)
·
Eksplorasi
-
Guru memfasilitasi siswa dengan materi
pendahuluan sebagai acuan siswa dalam memahami materi virus
-
Guru memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung pembelajaran
-
Guru membimbing siswa dalam pembuatan kelompok
yang beranggotakan 4 siswa.
-
Guru
memfasilitasi lembar kerja
siswa pada tiap kelompok
-
Guru memfasilitasi papan point berisi angka nol,
dimana tiap kelompok meimliki point awal yang sama sebagai point awal tiap
kelompok
·
Elaborasi
-
Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif
-
Siswa menganalisis tentang tokoh penemu virus,
ciri-ciri, struktur, bentuk dan sifat dari virus.
-
Siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan
kelas dengan menempelkan nama bagian strutur virus pada gambar yang telah
disediakan guru dan menjabarkan hasil diskusinya.
-
Kelompok lain menanggapi hasil diskusi yang
dipresentasikan
-
Guru memfasilitasi jalannya diskusi untuk
meningkatkan prestasi siswa
-
Siswa yang aktif dalam diskusi memperoleh point
tambahan
·
Konfirmasi
-
Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan terhadap diskusi dan pembelajaran yang sudah dilakukan
-
Guru memfasilitasi siswa dalam menjawab
pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan dengan menggunkan bahasa yang baku
dan benar
-
Guru memfasilitasi reward berupa point. Point
yang diperoleh siswa ditambahkan pada skor kelompok, dijumlahkan dengan point
awal.
-
Guru memberikan reward kepada kelompok yang
berhasil mendapat point tertinggi
III. Kegiatan akhir (5 menit)
-
Siswa
dengan bantuan guru menyimpulkan materi tentang tokoh penemu virus, ciri-ciri
virus, struktur tubuh virus dan bentuk virus
-
Guru memfasilitasi
lembar evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa sebagai bahan evaluasi
individu
-
Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut dengan memberikan tugas individu
-
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
-
Guru menutup pelajaran
dengan salam
Pertemuan
Kedua
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Indikator :
·
Mengemukakan tahapan- tahapan replikasi virus.
·
Mengidentifikasi
virus yang berbahaya dan merugikan.
B.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengemukakan
tahapan-tahapan replikasi virus
2. Siswa mampu mengidentifikasi
virus yang berbahaya dan merugikan
3. Siswa mampu menjelaskan peran
virus yang menguntungkan dan merugikan
C.
Strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Pembelajaran Konsep
Metode : Tanya jawab,diskusi, dan penugasan.
Model : Numbered
Heads Together
D.
Kegiatan Pembelajaran
I. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru masuk ruang
kelas dan mengucap salam
·
Guru mempresensi
siswa pada pertemuan hari ini
·
Orientasi : guru
mengingatkan kembali pada pertemuan sebelumnya yaitu tentang bagian-bagian dan macam-macam virus.
· Apersepsi
Guru memberi pertanyaan kepada siswa, “bagaimana cara unggas
bereproduksi? cara mamalia bereproduksi? Bagaimana dengan virus? Bagaimana
siklus reproduksi pada virus?”
· Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari cara
replikasi virus yang termasuk merugikan bagi sel inangnya.
II. Kegiatan
Inti (45 menit)
·
Eksplorasi :
-
Siswa
menyajikan tugas yang kemarin dan membahasnya bersama-sama tentang
sejarah dan ciri ciri virus
-
Guru memfasilitasi siswa dengan materi
pendahuluan sebagai acuan siswa dalam memahami materi replikasi virus dan
manfaat serta bahaya dari virus
-
Guru memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang mendukung kegiatan
pembelajaran
-
Guru membimbing siswa dalam pembuatan kelompok
yang beranggotakan 4-5 siswa.
-
Guru
memfasilitasi lembar kerja
siswa pada tiap kelompok
·
Elaborasi :
-
Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif
-
Siswa menganalisis tentang tahapan replikasi
virus dan mengidentifikasi manfaat serta bahaya virus
-
Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
-
Guru memfasilitasi jalannya diskusi untuk
meningkatkan prestasi siswa
-
Guru
memanggil salah satu nomor siswa dan siswa yang nomornya dipanggil melaporkan
hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
-
Siswa menempelkan keterangan pada gambar
replikasi virus
-
Kelompok lain memberi tanggapan dari hasil
diskusi kelompok yang sedang mempresentasikan, lalu guru menunjuk nomor yang
lain.
·
Konfirmasi:
-
Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan terhadap diskusi dan pembelajaran yang sudah dilakukan
-
Guru memfasilitasi siswa dalam menjawab
pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan dengan menggunkan bahasa yang baku
dan benar
III.
Kegiatan Akhir (5menit)
·
Siswa
dengan bantuan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan
·
Guru merencanakan kegitan tindak lanjut
dengan memberikan memberikan
evaluasi kepada siswa berupa analisis video cara virus HIV meninfeksi tubuh
manusia.
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya dengan mengadakan ulangan harian
·
Guru menutup pelajaran
dengan salam
2.
MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
Alat :
Spidol, papan tulis.
Sumber : Pratiwi, D.A., Sri Maryati dkk. 2004. Buku
Penuntun Biologi SMA kelas X.
Jakarta: Erlangga
Bahan : LKS, Gambar virus, gambar replikasi virus, power
point, video virus HIV, nomor anggota, papan
poin
3.
PENILAIAN
Pertemuan Pertama
·
Jenis instrument : Tes tertulis dan Tugas individu.
·
Bentuk
Instrument :
Uraian
·
Contoh
Instrument :
Bagaimana ciri-ciri dan sifat dari virus? (skor 40
point)
jawaban :
Ø
Bersifat aseluler ( tidak mempunyai sel )
Ø
Ukuran berkisar 20 mɥ - 300 mɥ
Ø
Hanya memiliki salah satu macam asam nuklaet
Ø
Dapat di kristakan
Ø
Tidak dapat membelah diri
Ø
Parasit obligat
A. Penilaian
Kognitif
Tujuan : Mengukur ketercapaian indikator dalam
materi struktur dan ciri virus melalui test formatif yang dilaksanakan pada
saat pembelajaran berlangsung.
Nama :
Kelas :
Materi :
Ciri, sifat dan struktur virus
No
|
Jenis Instrument
|
Skor
|
1.
|
Lembar Evaluasi
|
0-100
|
2.
|
Lembar Kerja
Siswa
|
0-100
|
3.
|
Tugas Individu
|
0-100
|
B. Penilaian
Psikomotor
Nama Sekolah : SMA Setiabudhi Semarang
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Nama Peserta
didik :
KEGIATAN
|
ATRIBUT
|
Pernyataan
|
SKOR
|
|||
3
|
2
|
1
|
||||
Diskusi
|
Berani
|
Mampu mengungkapkan pendapat dengan tegas
dan tepat
|
||||
Komunikasi Efektif
|
Pendapat mudah
dipahami
|
|||||
Pendapat/ pertanyaan runtut
dan sistematis
|
||||||
Berpikir kritis
|
Mampu bertanya/
menjawab kearah penyelesaian permasalahan
|
|||||
Rubrik penilaian
psikomotor
a. Berani
:
skor 3 : Mampu
mengungkapkan pendapat dengan tegas dan tepat
skor 2 : Mampu
mengungkapkan pendapat dengan berbelit-belit dan tepat
skor 1 : Mampu
mengungkapkan pendapat dengan berbelit-belit dan tidak
tepat
b. Komunikasi :
skor 3 : jika pendapat atau pertanyaan mudah dipahami,
runtut serta
sistematis
skor 2 : jika pendapat atau pertanyaan mudah dipahami, tetapi tidak
runtut serta sistematis
skor 1 : jika pendapat atau pertanyaan sulit dipahami, tidak runtut
serta
tidak sistematis
c. Berpikir
Kritis :
skor
3 : Jika mampu bertanya/ menjawab kearah penyelesaian
permasalahan/tema
skor 2 : jika mampu bertanya/ menjawab tetapi
sedikit jelas menuju arah
permasalahan
skor 1 : jika pertanyaan/jawaban tidak fokus dalam
tema/pemasalahan
Skor Butir = X 100 %
C. Penilaian
Afektif
Tujuan :Mengukur sikap siswa pada saat pembelajaran
berlangsung.
Nama :
Kelas :
Materi : Virus
Sikap dan
Nilai
|
Check list
|
Skor
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1. Memperhatikan
penjelasan guru.
|
|||
2. Memperhatikan
media pembelajaran.
|
|||
3. Serius
dalam mengikuti pembelajaran.
|
|||
4. Menghargai
pendapat siswa lain
|
|||
5. Mampu
berpikir kritis
|
Petunjuk:
Berilah tanda (√) jika aspek yang telah ditentukan,
dilakukan oleh siswa, dan beri tanda (X) jika aspek tidak dilakukan oleh siswa.
Setiap aspek yang dilakukan diberi skor 1 dan jika tidak dilakukan diberi skor
0.
Pertemuan Kedua
Penilaian Psikomotor
: Ketrampilan dan keaktifan siswa
Penilaian
kognitif :
Penilaian hasil belajar
1.
Instrumen penilaian Psikomotorik
No
|
Kegiatan siswa
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Menempelkan
potongan gambar dan mempresentasikan
hasil diskusi didepan dan jawaban benar
|
4
|
|||
2.
|
Menempelkan
potongan gambar dan mempresentasikan
hasil diskusi didepan dan jawaban kurang tepat
|
3
|
|||
3.
|
Mendiskusikan tahapan replikasi virus dengan teman sekelompoknya
|
2
|
|||
4.
|
Hanya ikut-ikutan saja dengan teman
sekelompoknya
|
1
|
Nilai = Jumlah
Skor yang di peroleh
X 100%
Skor
Maksimal
2.
Instrumen
Penilaian kognitif
No.
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Mendiskripsikan tahapan siklus litik pada replikasi virus
Mengidentifikasi
virus yang berbahaya dan merugikan Menyebutkan fungsi kapsid
Menyebutkan
penyakit serta virus yang menyebabkan
penyakit tersebut pada tumbuhan
Mendiskripsikan tahapan siklus litik pada replikasi virus
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1. Sebutkan tahapan-tahapan
siklus litik pada replikasi virus! Jelaskan!
2. Sebutkan jenis virus yang merugikan bagi manusia!
3. Apakah
fungsi dari kapsid?
4. Sebutkan 3 penyakit serta virus yang
menyebabkan pada tumbuhan!
5. Sebutkan tahapan-tahapan
siklus lisogenik
pada replikasi virus! Jelaskan!
|
Kunci Jawaban
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
a
tahap adsorbsi, ditandai dengan melekatnya eor virus
pad bakteri dan menghancurkan dinding sel dengan enzim lizozim.
b
tahap injeksi, virus memasukkan asam nukleat ke dalam
sel bakteri
c
tahap sintesis, DNA virus akan mempengaruhi Dna
bakteri untuk mereplikasi bagian-bagian virus.
d
tahap perakitan, bagian-bagian virus yang telah
terbentuk akan dirakit menjadi virus yang sempurna.
e
tahap litik, pecahnya dinding sel bakteri yang
menyebabkan virus berhamburan ke luar.
Virus yang merugikan bagi manusia:
a.
virus
influenza
b.
virus HIV
c.
virus H5N1 (flu burung)
Fungsi kapsid yaitu melindungi
bagian didalamnya.
-
TMV
menyebabkan bercak kuning pada daun
tembakau
-
BMV menyerang tanaman
buncis
-
SCMV menyerang tebu
Tahapan dari siklus ini hampir sama dengan siklus litik, perbedaannya
yaitu sel inangnya
tidak hancur tetapi disisipi oleh asam
nukleat dari virus. Tahap penyisipan tersebut kemudian membentuk provirus.
Siklus lisogenik secara umum mempunyai tiga tahap, yaitu adsorpsi dan
penetrasi, penyisipan gen
virus dan
pembelahan sel inang.
|
25
20
10
20
25
|
Jumlah Skor
|
100
|
Semarang, 30
April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Eny Hartadiyanti W.H
|
Guru Mata Pelajaran
Rahayu Endah Nurani
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar