Kamis, 05 Juli 2012

RPP SEL pertemuan kedua


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA
Mata pelajaran          : Biologi
Kelas/semester           : XI / I
Alokasi waktu            : 2 x 45 menit
Standar kompetensi  : 1.    Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil   
                                             kehidupan
Kompetensi dasar     : 1.2  Mengidentifikasi organel pada sel tumbuhan dan hewan
Indikator                    : 1.    Membandingkan perbedaan organel sel tumbuhan dan
                                             hewan


I.        Tujuan pembelajaran
1.    Peserta didik mampu menjelaskan organel-organel yang terdapat pada sel hewan dan
    tumbuhan
2.    Peserta didik mampu mendeskripsikan fungsi dari masing-masing organel pada
    sel hewan dan tumbuhan
3.    Peserta didik mampu membedakan organel-organel yang terdapat pada sel tumbuhan   
    dan hewan
II.    Karakter siswa yang diharapkan:
1.      Teliti dalam menganalisis (termasuk karakter rasa ingin tahu )
2.      Mandiri dalam mengerjakan (karakter mandiri)
3.      Menghargai pendapat teman (karakter toleransi)
4.      Tidak ramai dalam mengikuti pelajaran (karakter disiplin)
5.      Berpikir kreatif yang menimbulkan situasi belajar yang nyaman (karakter kreatif)
III. Materi Ajar
Sel merupakan unit struktural, fungsional, pertumbuhan, dan unit hereditas makhluk hidup. Untuk melaksanakan berbagai fungsi kehidupan, sel dilengkapi dengan berbagai organel. Beberapa organel pada sel hewan ada yang berbeda dengan sel tumbuhan.
Organel pada sel hewan adalah :
1.      Membran plasma
Tersusun atas lemak (lipid) dan protein (lipoprotein).Fungsi: melindungi sel, mengatur keluar masuknya zat dan sebagai penerima rangsang dari luar sel.
2.      Sitoplasma
Tersusun atas: cairan (sitosol) dan padatan (berupa organela-organela). Fungsi: tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.
3.      Nukleus (inti sel)
Merupakan organel terbesar, berbentuk bulat, membran rangkap. Di dalam nukleus terdapat nukleoplasma, yang terdiri atas benang ‘kromatin’ yang tersusun atas DNA, RNA dan protein. Selain itu terkadang terbentuk nucleolus. Fungsi: pengendali seluruh aktivitas sel, pengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik.
4.      Retikulum Endoplasma (RE)
Berbentuk benang-benang jala meliputi: RE kasar (terdapat ribosom), berfungsi untuk transpor & sintesis protein. RE halus (tidak terdapat ribosom), berfungsi untuk transpor & sintesis lemak & steroid.
5.      Ribosom
Tersusun dari protein dan RNA, berbentuk bulat & tidak bermembran. Fungsi: tempat berlangsungnya sintesis protein.
6.      Kompleks Golgi (badan golgi)
Terdiri atas membran berbentuk kantong pipih. Pada sel tumbuhan, kompleks golgi disebut diktiosom. Fungsi: sekresi polisakarida, protein & lendir (musin).
7.      Lisosom
Merupakan membran berbentuk kantong kecil berisi enzim hidrolitik yang berfungsi dalam pencernaan intrasel. Fungsinya untuk mencerna materi yang diambil secara endositosis, menghancurkan organela sel lain yang sudah tidak berfungsi (autofage) dan menghancurkan selnya sendiri (autolisis).
8.      Mitokondria
Memiliki membran rangkap (luar & dlm). Membran dlm berlekuk-lekuk membentuk krista. Fungsi: untuk oksidasi zat makanan, respirasi sel, transport elektron.

9.      Sentrosom/sentriol
Sentriol terdiri atas sepasang badan berbentuk tabung yang saling tegak lurus dan merupakan suatu kesatuan yang disebut sentrosom. Organel ini aktif saat sel sedang mengadakan pembelahan yaitu dengan menghasilkan benang-benang spindel atau gelendong yang merupakan protein kontraktil yaitu tubulin. Fungsi: menarik kromosom menuju ke kutub.

Organel pada sel tumbuhan
1.      Dinding sel
Tersusun atas protein selulose, hemiselulose, pektin & lignin. Fungsi: memberi bentuk sel, melindungi bagian sebelah dlm, & mengatur transportasi zat.
2.      Plastida
Isi plastid berupa: matrik (cairan), stroma,  grana, dan lamella/ tilakoid. Organela yang mengandung pigmen, meliputi:Kloroplas:plastida yang mengandung pigmen klorofil/hijau.
-Kromoplas:plastida yang mengandung pigmen merah, jingga, kuning.
-Leukoplas: plastida yang tidak mengandung pigmen.
Fungsinya adalah sebagai tempat fotosintesis, sintesis asam-asam lemak, serta beberapa fungsi sehari-hari sel.
3.      Vakuola
Vakuola merupakan rongga dalam sel yang memiliki selapis membrane yang disebut tonoplas.Vakuola sel tumbuhan bersifat menetap.
Fungsi:
·          Menjaga turgiditas sel oleh tonoplas
·          Tempat menyimpan cadangan mkanan, pigmen, minyak atsiri & sisa metabolisme.
·          Mengadakan sirkulasi zat di dalam sel





IV. Metode pembelajaran
·         Model              : Example non example
·         Metode            : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
V.    Langkah-langkah kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan pendahuluan
Ø Guru menyampaikan salam pembuka
Ø Sebelum melakukan pembelajaran guru mengajak siswa untuk berdo’a
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan apersepsi dan motivasi
Apakah kalian tahu di dalam sel itu terdapat organel apa saja sehingga sel tersebut dapat mengerjakan suatu aktivitas?
5 menit
2
Kegiatan inti
*      Eksplorasi
·         Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Guru menayangkan gambar melalui LCD
·         Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok
·         Guru membagikan gambar sel pada masing-masing kelompok
·         Masing-masing kelompok menganalisis gambar sel hewan dan sel tumbuhan
·         Guru memberi petunjuk dan kesempatan pada peserta didik untuk menganalisis gambar-gambar organel sel beserta fungsinya

10 menit

*      Elaborasi
·         Melalui diskusi kelompok peserta didik menganalisis gambar  dalam lembar kerja siswa menggunakan buku (referensi) yang relevan, dengan alokasi waktu yang ditentukan oleh guru
·         Hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas.

30 menit

*      Konfirmasi
·         Perwakilan dari masing-masing kelompok mengutarakan hasil diskusi
·         Dari komentar atau hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

25 menit
3
Kegiatan penutup
·         Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan perbedaan organel sel yang dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan
·         Untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi organel sel tumbuhan dan hewan, guru memberikan soal evaluasi
·         Guru menyuruh siswa untuk mempelajari materi yang akan datang
·         Guru mengakhiri pertemuan

20 menit

VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
·         LCD / Laptop
·         Gambar organel sel hewan dan sel tumbuhan
·         Buku Biologi SMA Kelas XI semester I bab I
VII.       Penilaian
a.       Teknik penilaian
·         Tes tertulis
b.      Instrumen
·         Issay
c.       Contoh instrumen
1.      Perhatikan kedua gambar di bawah ini! Pada gambar tersebut terdapat bagian-bagian yang disebut organel. Identifikasi organel tersebut berdasarkan karakteristiknya dan jelaskan fungsinya!

Gbr
Organel sel hewan
Fungsi
1.


Organel sel tumbuhan
Fungsi
2.



d.      Perhatikan tabel diatas! Temukan perbedaan yang dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan berdasarkan tabel dan gambar diatas!

No
Perbedaan
Gambar 1
Gambar 2





LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA

No
Nama siswa
Keaktifan siswa
Skor
Bertanya
Berpendapat
Menjawab pertanyaan








Ø  Bertanya

Skala
4
Sering bertanya dengan logis dan benar
3
Sering bertanya dengan benar namun tidak logis
2
Kadang-kadang bertanya
1
Tidak pernah bertanya

Ø  Berpendapat
            Skala
4
Sering berpendapat dengan logis dan benar
3
Sering berpendapat dengan benar namun tidak logis
2
Kadang-kadang berpendapat
1
Tidak pernah berpendapat



Ø  Menjawab pertanyaan
            Skala
4
Selalu menjawab pertanyaan dengan benar
3
Selalu menjawab pertanyaan namun tidak tepat
2
Kadang-kadang menjawab
1
Tidak pernah menjawab

Nilai:
10-12 : Sangat baik (A)
7-9 : Baik (B)
4-6 : Cukup (C)
1-3 : Kurang (D)


Semarang,       Mei  2011

Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                                     Pengajar


Drs. H. Bambang Nianto Mulyo, M. Ed                             Uswatun Hasanah, S.Pd.     









Tidak ada komentar:

Posting Komentar