Kamis, 05 Juli 2012

Silabus Sel

SILABUS
Kompetensi dasar
Tujuan Pembelajaran
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
1.1 mendiskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
·      Siswa dapat menggunakan miskroskop untuk pengamatan preparat awetan sel
·      Siswa dapat menggambar struktur sel berdasarkan pengamatan miskroskopis
·      Siswa dapat membandingkan sel hewan dan sel tumbuhan
·      Siswa dapat menjelaskan fungsi sel, sitoplasma, dan inti sel
·      Mendeskripsikan struktur sel pokariotik dan eukariotik
·   Struktur sel dan fungsi sel, meliputi:
1.        Membrane sel
2.        Sitoplasma
3.        Inti sel
·   Sel hewan dan sel tumbuhan
·   Sel prokariotik dan sel eukaryotik
·     Guru memfasilitasi siswa membentuk kelompok yang masing – masing kelompok sebanyak 4-5 anggota
·     Guru mengajak siswa kelaboratorium biologi untuk melaksanakan praktikum
·     Guru menjelaskan materi sel
·     Guru menjelaskan cara menggunakan preparat awetan dan miskroskop
·     Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
·     Siswa mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
·     Siswa menggambar bagian-bagian sel di lembar pengamatan
·     Siswa mendiskusikan bagian-bagian sel berserta fungsinya
·     Siswa mengerjakan LKS masing-masing
·     Guru mengumpulkan lembar pengamatan dan LKS
·    Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·    Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·    Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·     Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik
·   Jenis tagihan:
Laporan pengamatan miskroskopis sel
·   Instrument penilaian:
1.        Lembar penilaian laporan hasil praktikum
2.        Soal tertulis LKS
4 x 45 menit
·   Lembar pengamatan
·   Buku biologi kelas XI
·   Miskroskop dan preparat awetan
·   LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar