SILABUS
Kompetensi
dasar
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
1.1
mendiskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan
|
·
Siswa
dapat menggunakan miskroskop untuk pengamatan preparat awetan sel
·
Siswa
dapat menggambar struktur sel berdasarkan pengamatan miskroskopis
·
Siswa
dapat membandingkan sel hewan dan sel tumbuhan
·
Siswa
dapat menjelaskan fungsi sel, sitoplasma, dan inti sel
·
Mendeskripsikan
struktur sel pokariotik dan eukariotik
|
·
Struktur
sel dan fungsi sel, meliputi:
1.
Membrane
sel
2.
Sitoplasma
3.
Inti
sel
·
Sel
hewan dan sel tumbuhan
·
Sel
prokariotik dan sel eukaryotik
|
·
Guru
memfasilitasi siswa membentuk kelompok yang masing – masing kelompok sebanyak
4-5 anggota
·
Guru
mengajak siswa kelaboratorium biologi untuk melaksanakan praktikum
·
Guru
menjelaskan materi sel
·
Guru
menjelaskan cara menggunakan preparat awetan dan miskroskop
·
Guru
memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum mencari gambar preparat awetan
sel dengan miskroskop
·
Siswa
mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
·
Siswa
menggambar bagian-bagian sel di lembar pengamatan
·
Siswa
mendiskusikan bagian-bagian sel berserta fungsinya
·
Siswa
mengerjakan LKS masing-masing
·
Guru
mengumpulkan lembar pengamatan dan LKS
|
·
Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan
mikroskopis
·
Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel,
sitoplasma, dan inti sel
·
Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan
eukariotik
|
·
Jenis
tagihan:
Laporan
pengamatan miskroskopis sel
·
Instrument
penilaian:
1.
Lembar
penilaian laporan hasil praktikum
2.
Soal
tertulis LKS
|
4 x 45 menit
|
·
Lembar
pengamatan
·
Buku
biologi kelas XI
·
Miskroskop
dan preparat awetan
·
LKS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar