RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : X
/ Gasal
Aloksi Waktu :
4 x 45 menit
(2 x pertemuan)
Tahun Ajaran : 2011 /2012
Standar Kompetensi 1 :
Memahami struktur dang fungsi sel sebagai unit terkecil
kehidupan
Kompetensi Dasar 1.1 :
Mendeskripsikan komponeen kimiawi sel
A.
Indikator :
·
Menjelaskan
struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·
Menggambar
struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·
Mendeskripsikan
perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik
B. Tujuan
Pembelajaran :
· Siswa
dapat menggunakan miskroskop untuk pengamatan preparat awetan sel
· Siswa
dapat menggambar struktur sel berdasarkan pengamatan miskroskopis
· Siswa
dapat menjelaskan fungsi sel, sitoplasma, dan inti sel
· Siswa dapat mendeskripsikan struktur
sel pokariotik dan eukariotik
C.
Karakter siswa yang diharapkan:
1.
Teliti
dalam menganalisis (termasuk karakter rasa ingin tahu )
2.
Mandiri
dalam mengerjakan (karakter mandiri)
3.
Menghargai
pendapat teman (karakter toleransi)
4.
Tidak
ramai dalam mengikuti pelajaran (karakter disiplin)
5.
Berpikir
kreatif yang menimbulkan situasi belajar yang nyaman (karakter kreatif)
D.
Materi Pembelajaran :
·
Struktur
sel dan fungsi sel, meliputi:
1.
Membrane
sel
2.
Sitoplasma
3.
Inti
sel
·
Sel
hewan dan sel tumbuhan
·
Sel
prokariotik dan sel eukaryotic
E.
Strategi Pembelajaran :
Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual
Metode : Tanya jawab, diskusi, ceramah
dan penugasan.
Model :
Kooperatif Learning (Numbered Heads Together)
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan pendahuluan
· Guru masuk ruang kelas dan mengucap salam
· Guru menyakan siswa yang tidak hadir pada pertemuan
hari ini.
· Apersepsi
Guru memberikan model membran sel,
selanjutnya menannyakan kepada siswa hal-hal yang diketahui tentang gambar
tersebut. Siswa diminta dapat membayangkan gambar tersebut menyerupai sandwich
·
Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari komponen kimia sel
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
· Eksplorasi :
- Guru memberikan materi awal
- Guru menjelaskan model pembelajaran yang
akan digunakan yaitu Numbered Heads
Together
- Guru membimbing siswa dalam pembagian
kelompok yang beranggotakan 5 anak tiap kelompok
- Siswa dibagi dalam
kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan
tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
|
10 menit
|
|
· Elaborasi :
- Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
- Guru memfasilitasi jalannya diskusi
- Guru memanggil salah
satu nomor siswa dan siswa yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama
diskusi kelompoknya.
- Kelompok lain memberi tanggapan dari hasil
diskusi kelompok yang sedang mempresentasikan, lalu guru menunjuk nomor yang
lain.
- dst
|
30 menit
|
|
· Konfirmasi:
- Guru mengkonfirmasi jawaban hasil diskusi
siswa
- Guru memberikan umpan balik tentang
pembelajaran yang telah dilakukan.
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan penutup
· Guru bersama siswa menyimpulkan hasil
pembelajaran yang sudah dilakukan
· Guru memberikan evaluasi kepada siswa sebagai
tugas take home. ”lakukanlah study
pustaka atau internet tentang tokoh-tokoh penting dalam bidang biologi sel.
Buatlah data berisi nama mereka, teori apa yang mereka kemukakan, serta
bagaimana penemuan mereka telah mempengaruhi perkembangan bidang biologi sel.
· Guru memfasilitasi siswa untuk mempersiapkan
praktikum pada pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pelajaran dengan salam
|
20 menit
|
Pertemuan kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan pendahuluan
-
Guru masuk
ruang kelas dan mengucap salam
-
Guru
menyakan siswa yang tidak hadir pada pertemuan hari ini.
|
5 menit
|
2
|
Kegiatan inti
· Eksplorasi :
-
Guru
mengajak siswa kelaboratorium biologi untuk melaksanakan praktikum
-
Guru
memfasilitasi siswa membentuk kelompok yang masing – masing kelompok sebanyak
4-5 anggota
-
Guru
menjelaskan cara menggunakan preparat awetan dan miskroskop
|
10 menit
|
|
· Elaborasi :
-
Guru dan siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum
-
Guru menjelaskan cara kerja praktikum
-
Guru
memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum mencari gambar preparat awetan
sel dengan miskroskop
-
Siswa
mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
-
Siswa
menggambar bagian-bagian sel di lembar pengamatan
-
Siswa
mendiskusikan bagian-bagian sel berserta fungsinya
-
Siswa
mengerjakan LKS masing-masing
|
30 menit
|
|
· Konfirmasi:
-
Guru
mengumpulkan lembar pengamatan dan LKS
-
Guru memberikan umpan
balik tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
|
25 menit
|
3
|
Kegiatan penutup
· Guru memfasilitasi siswa untuk membereskan alat, bahan
serta meja praktikum
· Guru menutup pelajaran dengan salam
|
20 menit
|
G. Media
dan Sumber Pembelajaran
Alat :
Spidol, papan tulis.
Sumber : Buku Biologi kelas XI semester 1
Bahan : LKS, gambar mitokondria, power
point, nomor anggota, Lembar pengamatan, mikroskop
H.
Penilaian
Penilaian
Psikomotor : Ketrampilan dan keaktifan siswa
Penilaian
kognitif :
Penilaian hasil belajar
Penilaian
ujuk kerja : penilaian langkah kerja praktikum
1. Instrumen penilaian Psikomotorik
No
|
Nama
siswa
|
Keaktifan
siswa
|
Skor
|
||
Bertanya
|
Berpendapat
|
Menjawab
pertanyaan
|
|||
|
|
|
|
|
|
Ø Bertanya
Skala
4
|
Sering
bertanya dengan logis dan benar
|
3
|
Sering
bertanya dengan benar namun tidak logis
|
2
|
Kadang-kadang
bertanya
|
1
|
Tidak
pernah bertanya
|
Ø
Berpendapat
Skala
4
|
Sering berpendapat dengan
logis dan benar
|
3
|
Sering berpendapat dengan
benar namun tidak logis
|
2
|
Kadang-kadang berpendapat
|
1
|
Tidak pernah berpendapat
|
Ø
Menjawab pertanyaan
Skala
4
|
Selalu menjawab pertanyaan
dengan benar
|
3
|
Selalu menjawab pertanyaan
namun tidak tepat
|
2
|
Kadang-kadang menjawab
|
1
|
Tidak pernah menjawab
|
Nilai:
10-12 : Sangat baik (A)
7-9 : Baik (B)
4-6 : Cukup (C)
1-3 : Kurang (D)
2.
Instrumen
Penilaian kognitif
No.
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh
instrumen
|
1.
2.
3.
|
Menuliskan
senyawa organik yang terdapat pada protoplasma
Menuliskan
teori sel
Menjelaskan
perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1. Tuliskan 4
senyawa organik yang terdapat pada protoplasma dan peran senyawa tersebut
didalam sel!
2. Tuliskan dan jelaskan tiga teori sel serta siapa yang mengemukakan
teori tersebut!
3. Jelaskan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
|
Jumlah
Skor yang di peroleh
X 100%
Skor
Maksimal
3. Instrumen penilaian unjuk kerja
No
|
Langkah kerja
|
ü
Checklist
|
Skor
|
|
Dilakukan
|
Tidak
Dilakukan
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
|
Menyampaikan
tujuan praktikum
Menyiapkan alat
dan bahan
Mengiris bawang merah, jaringan gabus secara membujur
Kaca obyek ditetesi dengan air dan meletakkan
preparat serta tutup dengan penutup kaca
Memeriksa
dibawah mikroskop
Menggambar dan memberi keterangan
Dengan tusuk
gigi mengambil jaringan epitel rongga mulut masing-masing
Mengetukkan pada kaca obyek yang sudah ditetesi air, dan
menututinya dengan kaca penutup
Memeriksa dibawah
mikroskop
Menggambar dan memberi keterangan
Mencuci alat dan
bahan yang dapat dicuci
Membereskan alat
dan bahan secara rapi
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang di peroleh
X 100%
Skor
Maksimal
Semarang,
27 April 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Mahasiswa
Praktikan
Hi.
Tri Puji Astuti, S. Pd., M. Pd. Rafi
Rahmad Istianto
NIP.
13091991 NPM. 09320210
Tidak ada komentar:
Posting Komentar