Kamis, 05 Juli 2012

RPP SEL Pertemuan pertama


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : SMA
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X / Gasal
Aloksi Waktu              : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
Tahun Ajaran              : 2011 /2012
Standar Kompetensi 1 :
Memahami struktur dang fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

Kompetensi Dasar 1.1 :
Mendeskripsikan komponeen kimiawi sel

A.    Indikator :
·    Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
·    Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
·    Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik

B.     Tujuan Pembelajaran :
·    Siswa dapat menggunakan miskroskop untuk pengamatan preparat awetan sel
·    Siswa dapat menggambar struktur sel berdasarkan pengamatan miskroskopis
·    Siswa dapat menjelaskan fungsi sel, sitoplasma, dan inti sel
·    Siswa dapat mendeskripsikan struktur sel pokariotik dan eukariotik

C.    Karakter siswa yang diharapkan:
1.      Teliti dalam menganalisis (termasuk karakter rasa ingin tahu )
2.      Mandiri dalam mengerjakan (karakter mandiri)
3.      Menghargai pendapat teman (karakter toleransi)
4.      Tidak ramai dalam mengikuti pelajaran (karakter disiplin)
5.      Berpikir kreatif yang menimbulkan situasi belajar yang nyaman (karakter kreatif)

D.    Materi Pembelajaran :
·         Struktur sel dan fungsi sel, meliputi:
1.        Membrane sel
2.        Sitoplasma
3.        Inti sel
·         Sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukaryotic

E.     Strategi Pembelajaran :
Pendekatan          : Pembelajaran Kontekstual
Metode                 : Tanya jawab, diskusi, ceramah dan penugasan.
Model                   : Kooperatif Learning (Numbered Heads Together)

F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan pendahuluan
·      Guru masuk ruang kelas dan mengucap salam
·      Guru menyakan siswa yang tidak hadir pada pertemuan hari ini.
·      Apersepsi
Guru memberikan model membran sel, selanjutnya menannyakan kepada siswa hal-hal yang diketahui tentang gambar tersebut. Siswa diminta dapat membayangkan gambar tersebut menyerupai sandwich
·      Motivasi
Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari komponen kimia sel

5 menit
2
Kegiatan inti
·      Eksplorasi :
-      Guru memberikan materi awal
-      Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu Numbered Heads Together
-      Guru membimbing siswa dalam pembagian kelompok yang beranggotakan 5 anak tiap kelompok
-      Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
-      Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya

10 menit

·      Elaborasi     :
-     Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
-     Guru memfasilitasi jalannya diskusi
-     Guru memanggil salah satu nomor siswa dan siswa yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
-     Kelompok lain memberi tanggapan dari hasil diskusi kelompok yang sedang mempresentasikan, lalu guru menunjuk nomor yang lain.
-     dst

30 menit

·      Konfirmasi:
-     Guru mengkonfirmasi jawaban hasil diskusi siswa
-     Guru memberikan umpan balik tentang pembelajaran yang telah dilakukan.

25 menit
3
Kegiatan penutup
·      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan
·      Guru memberikan evaluasi kepada siswa sebagai tugas take home. ”lakukanlah study pustaka atau internet tentang tokoh-tokoh penting dalam bidang biologi sel. Buatlah data berisi nama mereka, teori apa yang mereka kemukakan, serta bagaimana penemuan mereka telah mempengaruhi perkembangan bidang biologi sel.
·      Guru memfasilitasi siswa untuk mempersiapkan praktikum pada pertemuan berikutnya.
·      Guru menutup pelajaran dengan salam

20 menit

Pertemuan kedua
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan pendahuluan
-          Guru masuk ruang kelas dan mengucap salam
-          Guru menyakan siswa yang tidak hadir pada pertemuan hari ini.

5 menit
2
Kegiatan inti
·      Eksplorasi :
-       Guru mengajak siswa kelaboratorium biologi untuk melaksanakan praktikum
-       Guru memfasilitasi siswa membentuk kelompok yang masing – masing kelompok sebanyak 4-5 anggota
-       Guru menjelaskan cara menggunakan preparat awetan dan miskroskop

10 menit

·      Elaborasi     :
-       Guru dan siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum
-       Guru menjelaskan cara kerja praktikum
-       Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
-       Siswa mencari gambar preparat awetan sel dengan miskroskop
-       Siswa menggambar bagian-bagian sel di lembar pengamatan
-       Siswa mendiskusikan bagian-bagian sel berserta fungsinya
-       Siswa mengerjakan LKS masing-masing

30 menit

·      Konfirmasi:
-       Guru mengumpulkan lembar pengamatan dan LKS
-       Guru memberikan umpan balik tentang pembelajaran yang telah dilakukan.       

25 menit
3
Kegiatan penutup
·      Guru memfasilitasi siswa untuk membereskan alat, bahan serta meja praktikum
·      Guru menutup pelajaran dengan salam

20 menit


G.    Media dan Sumber Pembelajaran
Alat                       : Spidol, papan tulis.
Sumber                  :  Buku Biologi kelas XI semester  1
Bahan                    : LKS, gambar mitokondria, power
point, nomor anggota, Lembar pengamatan, mikroskop
H.    Penilaian
Penilaian Psikomotor       :  Ketrampilan dan keaktifan siswa
Penilaian kognitif              :  Penilaian hasil belajar
Penilaian ujuk kerja          :  penilaian langkah kerja praktikum



1.      Instrumen  penilaian Psikomotorik
No
Nama siswa
Keaktifan siswa
Skor
Bertanya
Berpendapat
Menjawab pertanyaan







Ø  Bertanya
Skala
4
Sering bertanya dengan logis dan benar
3
Sering bertanya dengan benar namun tidak logis
2
Kadang-kadang bertanya
1
Tidak pernah bertanya

Ø  Berpendapat
            Skala
4
Sering berpendapat dengan logis dan benar
3
Sering berpendapat dengan benar namun tidak logis
2
Kadang-kadang berpendapat
1
Tidak pernah berpendapat

Ø  Menjawab pertanyaan
            Skala
4
Selalu menjawab pertanyaan dengan benar
3
Selalu menjawab pertanyaan namun tidak tepat
2
Kadang-kadang menjawab
1
Tidak pernah menjawab

Nilai:
10-12 : Sangat baik (A)
7-9 : Baik (B)
4-6 : Cukup (C)
1-3 : Kurang (D)

2.      Instrumen Penilaian kognitif
No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
1.



2.


3.
Menuliskan senyawa organik yang terdapat pada protoplasma

Menuliskan teori sel


Menjelaskan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
Tes tertulis


Tes tertulis

Tes tertulis
Uraian



Uraian


Uraian
1.      Tuliskan  4 senyawa organik yang terdapat pada protoplasma dan peran senyawa tersebut didalam sel!
2.      Tuliskan dan jelaskan tiga teori sel serta siapa yang mengemukakan teori tersebut!
3.     Jelaskan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik



Jumlah Skor yang di peroleh
                                                     X 100%
                                              Skor Maksimal

3.      Instrumen penilaian unjuk kerja
No
Langkah kerja
ü  Checklist
Skor
Dilakukan
Tidak
Dilakukan
1.
2.
3.

4.
5.
6.
7.
8.

9.

10.
11.
12.
13.
Menyampaikan tujuan praktikum
Menyiapkan alat dan bahan
Mengiris  bawang merah, jaringan gabus secara membujur
 Kaca obyek ditetesi dengan air dan meletakkan preparat serta tutup dengan penutup kaca
Memeriksa dibawah mikroskop
Menggambar  dan memberi keterangan
Dengan tusuk gigi mengambil jaringan epitel rongga mulut masing-masing
Mengetukkan  pada kaca obyek yang sudah ditetesi air, dan menututinya dengan kaca penutup
Memeriksa dibawah mikroskop
Menggambar  dan  memberi keterangan
Mencuci alat dan bahan yang dapat dicuci
Membereskan alat dan bahan secara rapi





Jumlah Skor yang di peroleh
                                                     X 100%
                                              Skor Maksimal


                                                                                          Semarang, 27 April 2012
Mengetahui,                                                         
Kepala Sekolah                                                           Mahasiswa Praktikan



            Hi. Tri Puji Astuti, S. Pd., M. Pd.                               Rafi Rahmad Istianto
NIP. 13091991                                                           NPM. 09320210

Tidak ada komentar:

Posting Komentar